• Jelajahi

    Copyright © RADAR INFORMASI KOPERASI KOTA PROBOLINGGO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    BIMBINGAN TEKNIS PENERAPAN TATA KELOLA KOPERASI YANG BAIK BAGI KOPERASI SE KOTA PROBOLINGGO

    Kamis, 28 November 2019, 00.55 WIB Last Updated 2019-11-28T08:55:54Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

               

                       Koperasi merupakan unit pengembangan usaha yang apa bila dikelola oleh orang-orang yang berketerampilan baik, serta memiliki jaringan usaha dan modal yang kuat, yang nantinya diharapkan akan dapat memberi kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi. Agar terciptanya koperasi yang sesuai dengan fungsi koperasi yang sesungguhnya, maka harus dilakukan tindakan-tindakan yang dapat mengefektifkan dan memajukan koperasi itu sendiri dengan hak tersebut pula sangat diharapkan agar koperasi di Indonesia dapat terus maju dan berkembang karena koperasi adalah salah satu badan usaha yang menyediakan fasilitas untuk masyarakat kecil dan menengah.

                 Koperasi perlu diarahkan pada prinsip pengelolaan secara modern dan aplikatif terhadap perkembangan zaman yang semakin maju dan tantangan yang semakin global. Koperasi perlu mencontoh implementasi Good Corporate Governance (GCG) yang telah diterapkan pada perusahaan-perusahaan yang berbadan hukum perseroan. 




               Salah satu topik utama dalam tata kelola koperasi adalah menyangkut masalah akuntabilitas dan tanggung jawab/mandat, khususnya implementasi pedoman dan mekanisme untuk memastikan perilaku yang baik dan melindungi kepentingan pemegang usaha. Fokus utama lain adalah efisiensi ekonomi yang menyatakan bahwa sistem tata kelola koperasi harus ditujukan untuk mengoptimalisasi hasil ekonomi, dengan penekanan kuat pada kesejahteraan para pemegang usaha. Ada pula sisi lain yang merupakan subjek dari tata kelola koperasi, seperti sudut pandang pemangku kepentingan, yang menunjuk perhatian dan akuntabilitas lebih terhadap pihak-pihak lain selain pemegang usahanya, misalnya karyawan atau lingkungan.


                 Maka dengan diadakannya bimbingan teknis penerapan tata kelola koperasi ini diharapkan agar terciptanya koperasi yang sesuai dengan fungsi koperasi yang sesungguhnya, maka harus dilakukan tindakan-tindakan yang dapat mengefektifkan dan memajukan koperasi itu sendiri.

    Dengan adanya kegiatan ini saya harapannya :
    A.  Agar terciptanya koperasi yang sesuai dengan fungsi koperasi yang sesungguhnya dengan mengefektifkan dan memajukan koperasi.
    B.  Agar meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat luas,
    C.     Agar turut menggairahkan program Good Corporate Governance
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +