• Jelajahi

    Copyright © RADAR INFORMASI KOPERASI KOTA PROBOLINGGO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Rakor Pengawasan KSP/USP Skala Pusat, Provinsi dan Nasional

    Senin, 29 April 2019, 01.39 WIB Last Updated 2019-04-29T08:39:13Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Dalam rangka pengawasan terhadap kinerja KSP/USP di Kota Probolinggo, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan KSP/USP skala Pusat, Provinsi dan Kota pada tanggal 25 April 2019 di Ruang Pertemuan Dinas KUPP.  Kegiatan ini dihadiri oleh semua pengawas KSP/USP di Kota Probolinggo yang berjumlah 40 orang peserta. Rapat dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka langsung oleh Bapak Kepala Dinas KUPP yaitu Bapak Drs. Gatot Wahyudi, M.Si. 

    Setelah acara sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bu Aprilia Hartanti. Materi yang disampaikan antara lain Dasar Undang-undang RI No 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 02/Per/M.Kukm/II/2017 tentang Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi, Peraturan Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Nomor 19/Per/M.Kukm/II/2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi, Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 1998 tentang modal penyetaraan pada koperasi. Diharapkan dengan materi ini para pengawas lebih memahami tentang peran pengawas dalam koperasi serta mendalami aturan dan sangsi apabila dikemudian hari ditemukan pelanggaran.

    Dalam hal yang berkaitan dengan pelaporan keuangan koperasi, pelaporan ini sangat penting. Hal ini bertujuan untuk menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja dan informasi bagi pengelola, anggota koperasi dan pengguna lainnya dalam pengambilan keputusan. Menurut Peraturan Menteri Koperasi no. 15 Tahun 215 disebutkan bahwa koperasi yang memiliki USP wajib memberikan laporan kepada pengawas koperasi setiap triwulan dan tahunan.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +