• Jelajahi

    Copyright © RADAR INFORMASI KOPERASI KOTA PROBOLINGGO
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Diklat Mengenai Laporan Keuangan bagi Pengurus Koperasi di Kota Probolinggo

    Minggu, 21 Juli 2019, 23.34 WIB Last Updated 2019-07-22T06:34:24Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Dalam rangka kegiatan yang didasarkan oleh anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahap 1 diantara yaitu menyelenggarakan beberapa diklat. Pada tanggal 24 Juni, Dinas KUPP menyelenggarakan diklat mengenai Laporan Keuangan bagi Pengurus Koperasi yang bertempat di Orin Hall dan Resto. Diklat dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 24 - 26 Juni dengan materi yang disampaikan yaitu Laporan Keuangan Koperasi dan Analisa Laporan Koperasi dengan narasumber dari LDP (Lembaga Diklat Profesi) Malang.



    Acara ini dibuka pukul 08.30 WIB oleh Bapak Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Prindustrian Kota Probolinggo Drs. Gatot Wahyudi, M.Si serta didampingi oleh Kepala Bidang Koperasi, dan diikuti oleh peserta sebanyak 100 orang pengurus koperasi yang berasal dari 50 Koperasi. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa diklat ini sangatlah berguna agar pengurus dapat membuat laporan keuangan koperasi dengan baik karena laporan keuangan inilah yang akan dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi dan membuat perencanaan bagi koperasi itu sendiri untuk mencapai tujuan koperasi yaitu mensejahterahkan anggotanya.









    Narasumber pertama yaitu Bapak Drs. Surachmad DM yang memberikan materi mengenai Laporan Keuangan Koperasi. Beliau menyampaikan diantaranya mengenai laporan keuangan yang bertujuan yaitu menyediakan informasi posisi keuangan, kinerja keuangan, dan laporan arus kas yang bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna dalam pengambilan keputusan ekonomi. Materi yang disampaikan antara lain karakteristik kualitatif informasi dalam laporan keuangan, kinerja keuangan serta pendapatan (income). Materi terakhir yaitu praktek dalam membuat laporan keuangan yang baik.





    Narasumber selanjutnya yaitu Bapak Suhartoyo dengan memberikan materi mengenai Analisa Laporan Keuangan. Pada materi ini disampaikan mengenai tujuan analisa laporan keuangan, penilaian kinerja keuangan, perbandingan analisa rasio, macam-macam rasio serta analisa sumber dan penggunaan modal kerja. Pada materi ini juga narasumber memberikan beberapa kasus yang seringkali terjadi di lapangan sehingga peserta dapat melakukan diskusi penyelesaian yang baik dan ditutup dengan praktek membuat analisa laporan keuangan.

    Dengan adanya diklat ini dihharapkan kepada para pengurus dan pengawas koperasi dapat membuat laporan keuangan yanng baik sesuai dengan ketentuan dan peraturan sehingga tidak terjadi kesalahan atau permasalahan di kemudian hari.

    Salam ACIKO..
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +